Daftar Berita

Jelang HUT Ke-78 TNI AU, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Pererat TNI AU dengan Masyarakat Melalui Bakti Sosial

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito menyelenggarakan rangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka peringatan HUT ke-78 TNI AU yang jatuh pada 9 April 2024 mendatang.Kamis (29/02/24).  Acara ini berlangsung di Gedung Elisa Manueke RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dan dihadiri oleh para pejabat RSPAU, Gubernur AAU yang diwakili oleh Dirjian AAU, Danlanud Adisutjipto yang diwakili oleh Kadispers Lanud Adisutjipto, perwakilan Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto, ketua PIA Ardhya Garini Cabang BS AAU beserta pengurus, ketua PIA Ardhya Garini Cabang 2 Gabungan Kodiklatau Lanud Adisitjipto beserta pengurus, serta Ketua PIA Ardhya Garini Anak Ranting 001-05-3 RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito beserta pengurus dan tamu undangan lainnya.

Adapun susunan acara pada kegiatan tersebut adalah pembukaan, sambutan Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, dilanjutkan penyerahan secara simbolis sembako dan tali asih kepada para peserta baksos kesehatan, kemudian pembacaan doa, penutup, dan dilanjutkan peninjauan para pejabat ke spot kegiatan baksos kesehatan.

Kegiatan bakti sosial kali ini meliputi pemeriksaan mata, pembagian kacamata, operasi katarak, pemeriksaan gigi, donor darah, papsmear, pembagian sembako, sunatan massal, dan ceramah kesehatan. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan kesehatan masyarakat D.I Yogyakarta dan sekitarnya.

Dalam sambutan Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito yang dibacakan oleh Waka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Kolonel Kes dr. Eka Poedjihartanto, Sp.K.F.R. AIFO., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk komitmen dan kepedulian TNI Angkatan Udara melalui RSPAU dalam memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Melalui layanan kesehatan yang disediakan, RSPAU bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat serta membangun keakraban antara TNI Angkatan Udara dengan masyarakat di sekitar.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai bentuk pelayanan kesehatan berkualitas dan merata kepada masyarakat yang membutuhkan, tetapi juga sebagai media untuk membangun semangat keberpihakan TNI Angkatan Udara terhadap masyarakat yang membutuhkan,” tambah Ka RSPAU dr.  Suhardi Hardjolukito.

Sementara itu, seiring dengan tema peringatan HUT ke-78 TNI Angkatan Udara, yakni "TNI AU yang Disegani di Kawasan Siaga Senantiasa Mengamankan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional untuk Indonesia Maju," kegiatan bakti sosial ini mencerminkan komitmen TNI Angkatan Udara dalam menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah udara Indonesia. Hal ini tidak hanya melalui aspek pertahanan, tetapi juga melalui pemberian kontribusi positif kepada masyarakat.

Kegiatan bakti sosial yang meliputi pembagian sembako kepada masyarakat sebanyak 100 paket Sembako dan pelaksanaan bakti sosial Kesehatan Operasi katarak bertempat di ruang operasi Departemen Mata RSPAU dengan total peserta 20 orang, yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 & 27 Februari 2024. Kemudian ceramah kesehatan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2024 di ruang Garuda Satu RSPAU dengan mengususng tema "Tetap Sehat dan Harmonis Menjelang Menopause”. Sementara itu, sunatan massal diadakan di Gedung Elisa Manueke dan diikuti oleh 25 peserta. Donor darah, yang bekerjasama dengan PMI DIY, melibatkan 150 peserta, dimana seluruh kantong darah yang terkumpul akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI DIY.

Dalam kegiatan tersebut, tim medis RSPAU melaksanakan pemeriksaan gigi untuk 50 peserta. Selain itu lebih dari 120 peserta kegiatan bakti sosial kesehatan juga menjalani pemeriksaan mata dan menerima pembagian kacamata, hal ini memberikan manfaat langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Adapun untuk pemeriksaan papsmear akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2024 bertempat di poli Obsgyn RSPAU dengan target 100 peserta.

Ditemui dilokasi kegiatan, ketua panitia kegiatan Kabiddukkes RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Kolonel Kes dr. Joko Saptono, Sp. An, FIP., menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial ini. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat dan prajurit TNI AU, menumbuhkan semangat rasa solidaritas, dan menguatkan jiwa gotong royong bahwa TNI AU adalah bagian dari Masyarakat.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat dan memperkuat keterlibatan TNI Angkatan Udara dalam kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara. Humas RSPAU


Membuka Babak Baru Dalam Pengabdian Publik, RSPAU Laksanakan Pengukuhan Kepengurusan Korpri Periode Tahun 2024-2029

        
         Ka RSPAU dr Suhardi Hardjolukito memimpin acara pengukuhan kepengurusan KORPI Sub Unit RSPAU dr Suhardi Hardjolukito periode tahun 2024-2029, Senin (26/2/2024).  Acara ini terselenggara di Gedung Garuda 1 RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dengan dihadiri wakil kepala RSPAU, Para Pejabat RSPAU ,
serta para pengurus periode tahun 2019-2024 dan pengurus periode tahun 2024-2029.  

 Adapun susunan acara  pengukuhan kepengurusan KORPI ini antara lain ,laporan perwira acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Ka RSPAU dan pernyataan pengukuhan dari Ka RSPAU , Menyanyikan MARS KORPI dan ditutup dengan laporan perwira acara. Dalam sambutannya, Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., mengungkapkan pergantian kepemimpinan adalah bagian tak terpisahkan dari dinamika organisasi, dan menjadi babak baru yang penuh dengan tantangan dan peluang serta  mengucapkan terima kasih kepada Ketua Korpi beserta pengurus lama.

 “Pergantian kepemimpinan merupakan dinamika yang tak terpisahkan dalam sebuah organisasi, hal ini selaras dengan semangat perubahan dan peningkatan kualitas dalam visi dan misi organisasi, Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada drg. SATI PATRIA, Sp. KGA beserta pengurus atas dedikasinya dalam mengemban jabatan kepengurusan KORPI Periode 2019-2024 atas Kontribusi, dedikasi dan kerja keras yang luar biasa dalam memajukan organisasi ini, Ujar Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

 Lebih lanjut, Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito juga memberikan selamat bertugas kepada Boby Rachmad, SKM beserta pengurus KORPRI Peridoe tahun 2024-2029 ” saya ingin mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus korpri sub unit rspau dr. suhardi hardjolukito periode 2024-2029. Semoga dengan kepemimpinan yang baru ini, KORPI sub unit RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dapat mencapai lebih banyak prestasi dan kemajuan” Ujar Ka RSPAU dr Suhardi Hardjolukito.

 Pelantikan Kepengurusan KORPI diharapkan akan menjadi tonggak baru dalam transformasi sektor pelayanan publik  menuju arah yang lebih baik. Dengan adanya Kepengurusan KORPI sub unit RSPAU dr Suhardi Hardjolukito , diharapkan akan muncul birokrasi yang lebih responsif, efisien, dan mampu memenuhi kebutuhan serta harapan masyarakat secara lebih baik. Humas RSPAU.

Peringati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H 2024 M: Ajak Anggota RSPAU Memaknai Spiritual di Era Digital

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito menggelar kegiatan pengajian dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445H/2024M pada hari Rabu (21/02/24). Peringatan Isra' Mi'raj tahun ini mengusung tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Isra' Mi'raj dan Pengalaman Ibadah di Tengah Terpaan Digitalisasi". Kegiatan yang terselenggarakan dengan khidmat di Masjid At-Taqwa RSPAU ini dihadiri oleh Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dan diikuti oleh seluruh civitas hospitalia RSPAU, PIA AG Anak Ranting 001-05-3 RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, serta warga sekitar RSPAU. Hadir sebagai penceramah utama pada acara tersebut adalah Ustad Harpi Yanto, S.Ag., yang memberikan tauziah mengenai makna dan hikmah dari peristiwa Isra' Mi'raj.

Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito pada sambutannya menekankan tentang tantangan digitalisasi yang membawa kemudahan namun juga tantangan tersendiri.

"Digitalisasi membawa kemudahan, namun juga membawa tantangan tersendiri. Kita dihadapkan pada kecenderungan untuk terpaku pada dunia maya dan seringkali melupakan nilai-nilai spiritual. Oleh karena itu, kita perlu memahami bagaimana mengintegrasikan pengalaman ibadah dengan teknologi, sekaligus memastikan bahwa teknologi tersebut tidak menjadi penghalang untuk tetap berada di jalan yang benar dan penuh keberkahan," ujar Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Beliau juga mengajak seluruh hadirin untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai Isra' Mi'raj. Dan mengambil inspirasi dari perjalanan Nabi Muhammad yang penuh ujian dan cobaan, namun tetap teguh dalam iman dan taat kepada Allah.

"Jadikan teladan dan pemicu peningkatan kualitas ibadah kita untuk menghadapi dinamika zaman ini. Manfaatkan teknologi dan media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan, dengan begitu kita tetap dapat merasakan kedekatan dengan Allah meskipun dalam konteks digital. Dan sebagai Insan Kesehatan di lingkungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara, agar momen ini dapat dijadikan pembelajaran untuk lebih mendalami peran dan tanggung jawab dalam melayani masyarakat," tutup Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Ustad Harpi Yanto, S.Ag., dalam tauziahnya, menekankan pentingnya implementasi sholat yang baik dan sikap bersyukur dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Beliau menyampaikan bahwa sholat bukan hanya sekadar kewajiban ritual, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas spiritual dan menguatkan koneksi antara hamba dengan Allah.

"Implementasi sholat yang baik adalah ketika kita melaksanakannya dengan penuh khusyu' dan khudhu' (khusyuk dan tunduk), menghayati setiap gerakan dan dzikir yang dilakukan. Sholat bukan hanya sekadar rutinitas harian, tetapi merupakan bentuk ibadah yang membentuk karakter dan kepribadian kita," ujar Ustad Harpi Yanto.

Beliau juga menjelaskan pentingnya sikap bersyukur, terutama di tengah perkembangan teknologi dan digitalisasi yang seringkali menghadirkan berbagai kemudahan. Sikap bersyukur, menurutnya, adalah kunci untuk memahami dan mensyukuri nikmat-nikmat yang diberikan Allah.

"Dalam kehidupan di era digital ini, mari kita jaga agar teknologi tidak membuat kita lupa untuk bersyukur. Dengan bersyukur, kita akan lebih mampu melihat keberkahan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam penggunaan teknologi. Sholat dan sikap bersyukur adalah dua elemen penting yang saling melengkapi dalam membawa keberkahan dalam kehidupan kita," tambahnya.

Peringatan Isra' Mi'raj di RSPAU tahun ini tidak hanya sebagai momen keagamaan, tetapi juga sebagai refleksi untuk menjaga keseimbangan antara nilai-nilai spiritual dan kemajuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Humas RSPAU

Penguatan Kolaborasi : RSPAU Terima Kunjungan Komkordik

Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito menerima kunjungan dari Tim Komkordik RSGM UGM Prof. Soedomo di ruang Diklat RSPAU pada hari Selasa (20/02/24). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara kedua institusi dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan pendidikan di bidang kesehatan. Acara ini dihadiri oleh para pejabat RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dan tamu dari RSGM UGM diantaranya Ketua KOMKORDIK RSGM UGM Prof. Soedomo drg. Nunuk Purwanti, M.Kes., PhD, Wakil Ketua KOMKORDIK RSGM UGM Prof. Soedomo drg. Rosa Amalia, M.Kes., PhD beserta jajaran pejabat KOMKORDIK RSGM UGM Prof. Soedomo. 

Dalam sambutannya, Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., menyampaikan pentingnya monitoring dan evaluasi dalam menjaga kualitas layanan kesehatan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Beliau menyebutkan bahwa proses ini menjadi sarana sistematis untuk mengidentifikasi keberhasilan, mengevaluasi perubahan yang diperlukan, dan memastikan bahwa pelayanan dari kedua rumah sakit tetap optimal.

"KerjKepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito menerima kunjungan dari Tim Komkordik RSGM UGM Prof. Soedomo di ruang Diklat RSPAU pada hari Selasa (20/02/24). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara kedua institusi dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan pendidikan di bidang kesehatan. Acara ini dihadiri oleh para pejabat RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dan tamu dari RSGM UGM diantaranya Ketua KOMKORDIK RSGM UGM Prof. Soedomo drg. Nunuk Purwanti, M.Kes., PhD, Wakil Ketua KOMKORDIK RSGM UGM Prof. Soedomo drg. Rosa Amalia, M.Kes., PhD beserta jajaran pejabat KOMKORDIK RSGM UGM Prof. Soedomo.

Dalam sambutannya, Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., menyampaikan pentingnya monitoring dan evaluasi dalam menjaga kualitas layanan kesehatan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Beliau menyebutkan bahwa proses ini menjadi sarana sistematis untuk mengidentifikasi keberhasilan, mengevaluasi perubahan yang diperlukan, dan memastikan bahwa pelayanan dari kedua rumah sakit tetap optimal.

"Kerjasama ini bukan hanya tentang peningkatan pengalaman dan ketrampilan peserta didik FKG UGM, tetapi juga merupakan investasi strategis untuk masa depan sektor kesehatan," ujar Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Kemudian Ketua KOMKORDIK RSGM UGM Prof. Soedomo drg. Nunuk Purwanti, M.Kes., PhD menyampaikan bahwa kunjungan KOMKORDIK RSGM ke RSPAU hari ini merupakan langkah nyata dalam mempererat kerjasama yang telah terjalin erat selama ini antara kedua institusi.

“Seiring dengan masa perpanjangan PKS, kami ingin menambahkan beberapa hal selama proses berlangsung. Dalam semangat meningkatkan kolaborasi, kami berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan, dengan harapan dapat meningkatkan pengalaman secara keseluruhan”, kata drg. Nunuk Purwanti, M.Kes., PhD.

Kunjungan ini diharapkan dapat membuka ruang diskusi untuk membahas temuan evaluasi, mengatasi kendala yang mungkin dihadapi, serta melihat potensi perbaikan yang dapat dilakukan. RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito mengajak semua pihak untuk saling berkomunikasi dan berkolaborasi sebagai kunci untuk meningkatkan efektivitas kerjasama iniasama ini bukan hanya tentang peningkatan pengalaman dan ketrampilan peserta didik FKG UGM, tetapi juga merupakan investasi strategis untuk masa depan sektor kesehatan," ujar Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Kemudian Ketua KOMKORDIK RSGM UGM Prof. Soedomo drg. Nunuk Purwanti, M.Kes., PhD menyampaikan bahwa kunjungan KOMKORDIK RSGM ke RSPAU hari ini merupakan langkah nyata dalam mempererat kerjasama yang telah terjalin erat selama ini antara kedua institusi.

“Seiring dengan masa perpanjangan PKS, kami ingin menambahkan beberapa hal selama proses berlangsung. Dalam semangat meningkatkan kolaborasi, kami berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan, dengan harapan dapat meningkatkan pengalaman secara keseluruhan”, kata drg. Nunuk Purwanti, M.Kes., PhD.

Kunjungan ini diharapkan dapat membuka ruang diskusi untuk membahas temuan evaluasi, mengatasi kendala yang mungkin dihadapi, serta melihat potensi perbaikan yang dapat dilakukan. RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito mengajak semua pihak untuk saling berkomunikasi dan berkolaborasi sebagai kunci untuk meningkatkan efektivitas kerjasama ini. Humas RSPAU 

Jaga Akuntabilitas Keuangan, RSPAU Laksanakan Audit Laporan Keuangan TA 2023

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito melaksanakan audit atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2023 oleh tim Audit KAP BAMS di Ruang Garuda Satu RSPAU pada hari Senin (12/02/24). Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 6 hari ini di sambut baik oleh Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito beserta jajaran. Adapun tim audit KAP BAMS yang hadir dipimpin oleh Septiawan Eca Putra, SE. MM., bersama dua anggota tim lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, SP.THT-KL., M.Kes., menekankan pentingnya kegiatan audit sebagai langkah kritis dalam menjamin bahwa setiap transaksi keuangan dilaksanakan sesuai standar, peraturan yang berlaku, dan prinsip-prinsip akuntansi. Beliau menjelaskan bahwa KAP memiliki peran penting dalam melaksanakan audit terhadap laporan keuangan, bukan hanya sebagai kewajiban formal, melainkan juga sebagai wujud komitmen untuk memelihara integritas dan transparansi keuangan RSPAU.

"Pentingnya audit ini tidak hanya sebagai laporan akhir, tetapi juga sebagai panduan untuk perbaikan dan peningkatan sistem keuangan RSPAU di masa mendatang," ujar Kepala RSPAU.

Dalam penekanannya, Kepala RSPAU menyoroti prinsip-prinsip seperti keterbukaan, kewajaran, konsistensi, dan keandalan sebagai dasar utama dalam setiap observasi dan penilaian audit. Beliau menegaskan bahwa kehadiran Tim Audit KAP BAMS menjadi bagian integral dalam upaya RSPAU untuk menjaga akuntabilitas dan kredibilitas dalam pengelolaan keuangan.

Sementara itu, Ketua Tim Audit KAP BAMS, Septiawan Eca Putra, SE. MM., juga menyampaikan harapannya. Beliau berharap hasil audit kali ini nantinya dapat membantu RSPAU untuk meningkatkan akuntabilitas dan kredibilitas dalam pengelolaan keuangan, sehingga RSPAU dapat terus memberikan pelayanan terbaik dan membangun kepercayaan bersama.

Dengan sinergi antara RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dan Tim Audit KAP BAMS, diharapkan proses audit ini tidak hanya menjadi evaluasi akhir, melainkan juga sebagai langkah proaktif untuk perbaikan dan peningkatan sistem keuangan RSPAU di masa mendatang. Humas RSPAU

Pengukuran Tingkat Kematangan Keamanan Siber Oleh BSSN: RSPAU Capai Skor 3.10, Lebih Tinggi dari Rata-rata Nasional

Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., menerima kunjungan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di ruang kerja Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito pada hari Senin (05/02/24). Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan pengukuran tingkat kematangan keamanan siber di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito yang berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 5 hingga 6 Februari 2024.

Bertindak sebagai petugas pengukuran tingkat kematangan keamanan siber di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), yaitu Adi Himawan, S.Sos., M.M., Suci Aulia Maharani, S.E., M.Si., Mohammad Fauzi, S.Tr.TP., M.M., dan Teguh Puji Laksono, S.Kom. Mereka. Adapun pejabat RSPAU yang mendampingi adalah Kabidyankes, Kabidum, Kakum, dan Kainfolahta.

Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., menyambut baik hasil pengukuran dan rekomendasi yang diberikan oleh tim BSSN. Beliau berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan siber di rumah sakit guna menjaga kerahasiaan dan integritas data pasien serta kelancaran operasional pelayanan kesehatan.

Pada kesempatan ini, dilaksanakan pengukuran tingkat kematangan keamanan siber di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. Hasil pengukuran berhasil mencapai skor sebesar 3,10 dari rata-rata tingkat maturitas keamanan siber nasional 2,59. RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, menandakan bahwa keamanan siber di rumah sakit tersebut berada pada tingkat 3 (terorganisir, konsisten, dengan proses reviu berkala).

Tim BSSN juga memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan tingkat kematangan keamanan siber di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. Rekomendasi-rekomendasi tersebut mencakup perbaikan infrastruktur keamanan, peningkatan pelatihan untuk staf, serta implementasi prosedur dan kebijakan yang lebih ketat dalam menghadapi ancaman keamanan siber.

Semoga kegiatan ini dapat menjadi semangat RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito untuk terus meningkatkan keamanan siber di sektor kesehatan, serta memberikan manfaat positif bagi pelayanan kesehatan di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. Humas RSPAU



RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Siap Raih Predikat WBK Tahun 2024

Dalam rangka meningkatkan integritas dan kinerja organisasi, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito telah diusulkan sebagai salah satu satuan kerja yang layak menerima predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Kemenpan-RB. Untuk mendukung upaya tersebut, RSPAU melaksanakan Bimbingan Teknis (bimtek) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada hari Jum’at (19/01/24). Pembukaan Bimtek yang diselenggarakan di ruang Garuda Satu ini dihadiri oleh Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, Wakil Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, pejabat RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, serta ketua, wakil ketua, sekretaris, staf, koordinator Pokja Zona Integritas (ZI), dan seluruh anggota Pokja ZI. Serta hadir sebagai narasumber bimtek dari Kemenpan-RB yaitu Wahyu Kusumaningtyas, S.H.

Dalam sambutannya, Kepala RSPAU menyampaikan, Makna pentingnya Bimtek bersama Kemenpan-RB bagi RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, dimana zona integritas tidak hanya menjadi kewajiban akan tetapi sebagai tekad organisasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang profesional, transparan, dan akuntabel.

"Kami memiliki tekad kuat untuk mewujudkan Zona Integritas dan meraih predikat WBK pada tahun 2024. Bimtek ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan kami menuju integritas dan kinerja terbaik. Kami berkomitmen untuk terus melakukan reformasi birokrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan public,” kata Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Dalam sambutannya, narasumber Wahyu Kusumaningtyas menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito atas komitmen kuat RSPAU dalam mewujudkan unit kerja yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta senantiasa selalu meningkatan kualitas pelayanan publik.

Bimtek ini terbagi menjadi dua sesi utama, yaitu sesi Bimtek yang mencakup penjelasan terperinci mengenai prinsip-prinsip tata kelola baik, manajemen perubahan, tatalaksana, sistem manajemen SDM, pengawasan, peningkatan kualitas pelayanan publik, hingga survei kepuasan pemerintah yang bersih dan bebas dari korupsi. Sesi kedua adalah visitasi unit kerja, di mana tim bimtek melakukan evaluasi langsung terhadap implementasi konsep Zona Integritas di setiap unit kerja RSPAU.

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito berkomitmen untuk mengikuti petunjuk dan arahan yang telah diberikan dalam bimtek ini. Dengan harapan agar melalui upaya reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi, tindak pidana kolusi, nepotisme (KKN), dan peningkatan kualitas pelayanan publik, RSPAU dapat meraih predikat WBK pada tahun 2024.

Sementara itu ditemui diruang Garuda Satu, Ketua Pokja Zona Integritas Kolonel Kes Nurul Hidayat, S.E., M.M., menekankan pentingnya partisipasi aktif seluruh jajaran dalam mencapai tujuan tersebut.

"Kami mengajak seluruh koordinator Pokja ZI dan anggota untuk terlibat secara maksimal dalam proses ini. Dengan kerjasama dan dedikasi kita semua, kita bisa meraih WBK," ucapnya.

Bimtek ini diharapkan memberikan landasan kuat bagi RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dalam mengimplementasikan Zona Integritas dan menuju predikat WBK yang diusulkan. Dengan semangat tinggi dan komitmen yang kuat, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito optimis dapat mencapai prestasi tersebut pada tahun 2024. Humas RSPAU



Kepala RSPAU Pimpin Pengambilan sumpah PNS : Ajak Personil Jalani Tugas dengan Profesional, Loyal, dan Berintegritas

Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito memimpin acara pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Ruang Garuda Satu RSPAU pada hari Selasa (09/01/24). Acara tersebut dihadiri oleh pejabat RSPAU, perwakilan pejabat Lanud Adisutjipto, serta perwakilan perwira, bintara, tamtama, dan PNS RSPAU. Sebanyak 17 personel telah diambil sumpahnya, terdiri dari 16 PNS RSPAU dan 1 PNS Lanud Adisutjipto.

Dalam amanatnya, Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes, menyampaikan selamat kepada para personel yang telah diambil sumpahnya hari ini, serta berharap agar mereka dapat menjalankan tugas dan fungsi pokoknya dengan profesional, loyal, dan berintegritas.

“Atas nama pribadi dan institusi saya mengucapkan selamat atas terlaksananya pengambilan sumpah saudara-saudara sekalian sebagai PNS TNI AU. Saya berharap saudara-saudara sekalian dapat memerankan tugas dan fungsi pokok dalam mendukung tugas pokok TNI AU dan TNI, serta juga mampu menjawab tantangan bangsa dengan bekerja secara profesional, loyal dan berintegritas,” kata Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Momentum ini menjadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi peserta pengambilan sumpah PNS, karena hari ini adalah muara sekaligus garis start yang telah ditunggu-tunggu setelah melalui berbagai proses panjang. Bersamaan dengan diangkatnya sebagai PNS akan berdampak selaras juga pada peningkatan kesejahteraan, kepegawaian maupun karir.

Semoga PNS yang baru diambil sumpahnya dapat terus menjaga semangat dedikasi, profesionalitas, dan loyalitas dalam menjalankan tugas sebagai PNS TNI AU. Selamat kepada para personel atas pencapaian ini, dan semoga langkah mereka kedepan penuh sukses dan berkah. Humas RSPAU

Telemedicine untuk Masa Depan Kesehatan Indonesia RSPAU Laksanakan Penandatanganan Kerjasama Telemedicine dengan BPJS Kesehatan

Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito menghadiri acara Koordinasi Sistem Pelayanan Kesehatan Berbasis Telemedicine dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Telemedicine dengan BPJS Kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara instasi Kesehatan di Yogyakarta dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam menyediakan layanan kesehatan berbasis telemedicine.

Dalam acara yang berlangsung di Hotel Porta Yogyakarta, Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., secara simbolis menandatangani perjanjian kerjasama telemedicine dengan BPJS Kesehatan mewakili jajaran rumah sakit wilayah kabupaten Bantul, menandakan komitmen bersama dalam meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., menyampaikan harapannya terkait manfaat yang dapat diberikan oleh kerjasama ini.

 "Melalui penerapan telemedicine, kami berupaya memberikan akses kesehatan yang lebih mudah, cepat, dan terjangkau bagi masyarakat. Semoga kerjasama ini menjadi landasan untuk kolaborasi yang lebih luas dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bersama," kata Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.,

Turut hadir dalam acara ini adalah Direktur RSUD Panembahan Senopati, Direktur RSUD Wonosari, RS Pratama Yogyakarta, Direktur RSUD Kota Yogyakarta, Direktur RS Ludira Husada Tama dan Kepala Puskesmas, serta pimpinan Apotek di Yogyakarta. Mereka secara bersama-sama mendiskusikan strategi implementasi telemedicine, pengembangan infrastruktur kesehatan digital, dan langkah-langkah untuk memastikan keberlanjutan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Acara ini mencerminkan semangat sinergi antara instansi kesehatan dan pemerintah dalam memajukan sektor kesehatan di Indonesia. Diharapkan, langkah-langkah inovatif seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi lembaga kesehatan lainnya untuk terus mengembangkan solusi-solusi modern dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di masa depan. Humas RSPAU

Awali Tahun 2024 dengan Semangat Baru: Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Pimpin Apel Luar Biasa

Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes memimpin Apel Luar Biasa Tahun 2024 pada hari Selasa (02/01/24). Pada kesempatan ini Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. Apel yang diikuti oleh seluruh personel RSPAU ini berlangsung dengan tertib & khidmat di lapangan Apel RSPAU. Apel ini menjadi momen penting untuk menyatukan seluruh personel RSPAU dalam rangka menyambut awal tahun 2024.

Dalam amanatnya, Kasau menyampaikan ucapan Selamat Hari Natal kepada Umat Kristiani TNI Angkatan Udara, serta Selamat Tahun Baru 2024 kepada seluruh personel TNI Angkatan Udara, di mana pun berada dan bertugas. Beliau mengapresiasi dedikasi dan komitmen luar biasa yang telah ditunjukkan oleh TNI Angkatan Udara sepanjang tahun 2023 dalam menjaga kedaulatan, mendukung pembangunan, dan memajukan bangsa Indonesia.

Kasau juga memberikan apresiasi tertinggi kepada para prajurit yang telah menjaga dan mengharumkan nama TNI Angkatan Udara melalui prestasi dan pencapaian luar biasa dalam berbagai penugasan di dalam maupun di luar negeri. Beliau berharap agar pencapaian tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga TNI Angkatan Udara senantiasa mampu memberikan kemampuan terbaiknya dalam menjaga tanah air dan angkasa Indonesia.

Menjelang Pemilu tahun 2024, Kasau mengingatkan pentingnya menjaga netralitas TNI dan komitmen sebagai garda terdepan.

Sebagai pedoman bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Udara, Kasau menyampaikan Perintah Harian. Beliau menekankan pentingnya meletakkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam melaksanakan setiap tugas dengan tulus ikhlas sebagai prajurit. Selain itu, juga menegaskan pentingnya tingkatkan kualitas dan kemampuan satuan serta individu, menjaga netralitas menjelang Pemilu, dan menempatkan keselamatan sebagai prioritas utama. Humas RSPAU

Kini Periksa di RSPAU Tak Perlu Antri Obat !

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito secara resmi launching layanan antar obat terbaru yang diberi nama "Mantri Hardjo” (Melayani Antar Tanpa Antri Hardjolukito). Layanan ini memberikan kemudahan bagi pasien rawat jalan atau poliklinik untuk mendapatkan obat tanpa harus mengantri lama di loket farmasi. Acara peluncuran ini dihadiri oleh Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito,   Penasehat PPAU Cab 03 DIY Marsma Purn Imron Munaf, Wakil Ketua 2 PPAU Cab 03 DIY Marsma Purn Suharto, Pejabat rumah sakit, perwakilan dari PT. Terus Melayani Bangsa, dan tamu undangan. Beroperasinya layanan Mantri Hardjo ditandai dengan pemakaian rompi secara simbolis oleh Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito serta scan barcode pertama oleh pasien Farmasi RSPAU.

Dalam sambutannya, Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., menyatakan, hadirnya inovasi baru ini akan memberikan banyak manfaat bagi pasien yang berobat di RSPAU.

“Hadirnya layanan baru ini akan memberikan kemudahan bagi para pasien RSPAU dalam memperoleh obat tanpa harus mengalami antrian panjang di instalasi farmasi. selain itu juga dapat mengurangi waktu tunggu pasien di rumah sakit, serta menghindarkan kerumunan yang tidak diinginkan. kami percaya bahwa dengan adanya inovasi-inovasi baru, setiap langkah kami menuju pelayanan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan pasien akan semakin paripurna”, kata Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Disamping itu Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., juga menyampaikan komitmen RSPAU untuk terus memberikan pelayanan terbaik.

“Kepada seluruh pasien, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik. Dimana dalam setiap langkah, kami berusaha memastikan agar seluruh pasien dapat merasakan kenyamanan dan keamanan selama proses berobat. Dan harapannya pasien dapat segera sembuh serta merasa puas dengan pengalaman berobat di RSPAU”, tambah Beliau.

Mantri Hardjo ini merupakan hasil kerja sama antara RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dengan PT. Terus Melayani Bangsa. Kabar baiknya, pasien atau keluarga pasien yang memiliki keterbatasan waktu dan tidak ingin mengantri lama di depan loket farmasi dapat memanfaatkan layanan ini, terutama bagi mereka yang membutuhkan obat racikan yang memerlukan waktu lebih lama. Prosesnya pun sangat mudah, pasien yang ingin menggunakan layanan ini hanya perlu melalui verifikasi apoteker, kemudian datang ke konter layanan Mantri Hardjo, mengisi data alamat, dan membayar biaya layanan  sebesar Rp. 10.000, - untuk area Jogja dan sekitarnya. Pembayaran juga dimudahkan karena layanan ini dapat dibayar baik menggunakan tunai dan non tunai.

Seorang pasien yang telah mencoba layanan Mantri Hardjo menyatakan bahwa layanan Mantri Hardjo ini sangat membantu.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya layanan antar obat ini. Tidak perlu lagi antri panjang di loket farmasi, dan prosesnya sangat cepat. Saya merasa lebih nyaman dan tidak perlu menghabiskan waktu lama di rumah sakit. Terima kasih kepada RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito atas inovasi yang sangat membantu ini,” Ujar Bapak Rizal , pasien umum RSPAU dr Suhardi Hardjolukito.

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito yakin bahwa kedepan akan memberikan pelayanan yang lebih baik dengan mewujudkan melalui langkah-langkah inovatif seperti Mantri Hardjo. Keberlanjutan upaya ini diharapkan dapat membangun fondasi yang kuat untuk menjadikan RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito sebagai pusat kesehatan TNI AU yang responsif dan terdepan dalam menyediakan layanan yang bermutu tinggi bagi masyarakat. Humas RSPAU

Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Pimpin Sertijab Ka Komite Medik

Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito memimpin upacara serah terima jabatan Ka Komite Medik RSPAU dari Kolonel Kes dr. Bambang S Gunadi, Sp.Rad, M.A.R.S kepada Kolonel Kes dr. Sriharto, Sp.M., M.A.R.S., FISQUA pada hari Jumat (22/12/23). Acara ini dihadiri oleh Wakil Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, para pejabat RSPAU, serta perwakilan perwira dan pegawai negeri sipil.

Dalam sambutannya, Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., mengungkapkan pentingnya serah terima jabatan sebagai suatu peristiwa yang melambangkan pergantian era dan harapan akan kelangsungan roda organisasi serta mengucapkan terimakasih kepada pejabat lama.

"Serah terima jabatan di lingkungan TNI AU merupakan hal yang terjadi secara berkala, mencerminkan kehidupan organisasi yang sehat dan dinamis. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kolonel Kes dr. Bambang S Gunadi, Sp.Rad, M.A.R.S atas dedikasinya dalam mengemban jabatan sebagai Ka Komite Medik RSPAU. Kontribusinya telah membawa satuan ini lebih maju dan berkembang," Ujar Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Lebih lanjut, Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito juga memberikan selamat bertugas kepada Kolonel Kes dr. Bambang S Gunadi, Sp.Rad, M.A.R.S yang akan melanjutkan tugasnya sebagai Ses Lakespra dr. Saryanto Jakarta.

 "Selamat menjalankan tugas yang baru. Tetaplah berkarya demi kejayaan Korps Kesehatan TNI AU, karena pengabdian yang tulus tidak dapat dibatasi oleh jabatan dan tempat penugasan," ucapnya dengan tulus.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes menyambut kedatangan Kolonel Kes dr. Sriharto, Sp.M., M.A.R.S., FISQUA, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Kepala RSPAU dr. Suhardi hardjolukito.

"Selamat datang kembali serta selamat bertugas kepada Kolonel Kes dr. Sriharto, Sp.M., M.A.R.S., FISQUA, sebagai Ka Komite Medik RSPAU. Saya yakin Kolonel dapat cepat beradaptasi dan melanjutkan serta meningkatkan peran dan tugas pokok yang selama ini dijalankan oleh pejabat sebelumnya," ujarnya optimistis.

Kolonel Kes dr. Sriharto, Sp.M., M.A.R.S., FISQUA, dalam tanggapannya, mengakui tantangan besar yang dihadapinya.

"Saya berkomitmen untuk melanjutkan perjalanan yang telah dilakukan oleh pendahulu saya. Semua yang telah diraih selama ini tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasi seluruh anggota RSPAU. Mari kita bersama-sama menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada seluruh prajurit dan keluarga besar TNI AU," ujarnya dengan semangat.

Acara diakhiri dengan jabat tangan hangat para anggota dan personel RSPAU kepada pejabat baru dan pejabat lama. Hal ini mengisyaratkan kekompakan dan dukungan terhadap kepemimpinan baru. Harapannya kedepan RSPAU dapat terus melangkah maju dalam memberikan layanan kesehatan terbaik untuk keberlanjutan tugas-tugas TNI AU. Humas RSPAU