Daftar Berita

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Gencarkan Program Kesehatan Gigi Anak

Kesehatan gigi anak perlu diperhatikan sejak dini, sebab, kesehatan gigi dan mulut juga berperan dalam tumbuh kembang anak. Dengan usaha pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut yang baik, akan terwujud kesehatan anak yang optimal. Maka, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito berkolaborasi dengan sekolah sekitar untuk menggencarkan program upaya kesehatan Gigi  anak.


Kegiatan yang dilaksanakan  berupa edukasi kesehatan gigi dan mulut dan sikat gigi bersama yang dilaksanakan di TK Angkasa Adisutjipto pada hari Selasa, 04/06/2024. Kegiatan yang dilaksanakan pada selasa pagi ini, dihadiri oleh Ketua Yayasan Ardhya Garini Cabang Lanud Adisutjipto, Ny Citra Setiawan. Dalam sambutannya, beliau memberikan pesan kepada anak murid dan orang tua yang mendampingi mengenai pentingnya dalam menjaga serta merawat gigi terutama pada anak usia belia, tidak lupa beliau juga memberikan bingkisan untuk anak-anak. 


Beliau juga menyambut hangat rombongan Tim PKRS RSPAU dr. Suhardi 

Hardjolukito yang dipimpin oleh Kapten Kes drg. Astin Murlina yang juga merupakan pemateri kegiatan pagi ini. Materi yang disampaikan oleh drg Astin adalah untuk selalu menyikat gigi dengan tertib, 2X sehari setelah sarapan dan sebelum tidur. Tidak lupa juga untuk menggosok lidah. Disampaikan juga bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan satu kebiasaan baik yang harus dibiasakan sejak kecil. 


Acara ini melibatkan teman-teman Koas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada. Anak-anak TK diajak oleh kakak-kakak dari FKG UGM untuk melaksanakan sikat gigi bersama dengan riang gembira. Anak-anak diajak bernyanyi dan menari gerakan menyikat gigi yang benar. 


Kegiatan ini diharapkan menanamkan kebiasaan baik sikat gigi sejak dini sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal tanpa gangguan kesehatan gigi dan mulut.


Terbukti Transparan dan Akuntabel Kelola keuangan, RSPAU Diganjar \"Wajar Tanpa Pengecualian\"

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan TA 2023 dengan predikat "Wajar Tanpa Pengecualian" dari lembaga audit eksternal KAP BAMS. Acara serah terima LHP tersebut dilaksanakan di ruang Garuda Satu RSPAU pada hari Rabu (22/5/24) dan dihadiri oleh Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito beserta jajaran pejabat rumah sakit serta Septiawan Eca Putra, SE., MM, CFrA., selaku auditor perwakilan dari Kantor Akuntan Publik BAMS.

Dalam sambutanya Ka RSPAU dr Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M. Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada tim audit KAP BAMS yang telah bekerja keras dalam menyelesaikan audit atas laporan keuangan RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Tahun Anggaran 2023.

Predikat “Wajar Tanpa Pengecualian” adalah bukti komitmen dan kerja keras seluruh jajaran RSPAU dalam mengelola keuangan dengan transparan dan akuntabel. Kami akan terus meningkatkan kinerja dan pelayanan demi kesejahteraan pasien dan kemajuan rumah sakit," ujar Marsma TNI dr. M. Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Sebelumnya tim audit KAP BAMS telah melaksanakan audit selama 6 hari yaitu pada tanggal 12-17 Februari 2024 lalu. Pemeriksaan dilaksanakan untuk memastikan bahwa RSPAU telah menyusun dan menyajikan laporan keuangannya sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual. Audit ini penting karena memberikan transparansi dan akuntabilitas terhadap pengelolaan keuangan di sektor publik, khususnya dalam pengelolaan rumah sakit yang memainkan peran krusial dalam pelayanan kesehatan.

Septiawan Eca Putra SE., MM, CFrA., selaku auditor dari Kantor Akuntan Publik BAMS, menjelaskan bahwa predikat ini diberikan karena RSPAU telah menunjukkan tata kelola keuangan yang baik dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

"Menurut pendapat kami, laporan keuangan BLU RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2023 menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material sesuai dengan standar Akuntansi Pemerintahan Pernyataan No.13 tentang Penyajian Laporan Keuangan Badan Layanan Umum," tambahnya.



Wujudkan Remaja Sehat , RSPAU adakan sosialisasi Kesehatan Di institut Tekhnologi dirgantara Adisutjipto

Miras atau minuman keras mungkin sudah tidak terdengar asing lagi ditelinga masyarakat, terutama di kalangan anak muda. Banyak kalangan yang menjadikan miras sebagai candu dan budaya yang lazim untuk dikonsumsi. Akan tetapi, banyak masyarakat yang tidak menyadari bahaya yang disebabkan oleh minuman keras. Melihat trend ini, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito melalui Tim PKRS melaksanakan sosialisasi kesehatan di Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto, Rabu (22/05).

Letkol Kes Dr. I Made Winarta, S.KM., M.Epid menyampaikan bahaya yang dapat ditimbulkan dari minuman keras atau alkohol, yang di antara lain masalah pada ingatan atau pemahaman sesuatu, serta hilangnya koordinasi tubuh yang baik, bahkan berujung pada kematian. Tidak hanya sampai sana, tetapi pengaruh alkohol juga dapat menimbulkan perilaku seks bebas yang mengakibatkan virus HIV dan berujung pada AIDS.
Ditambahkan oleh dr. Rinanda Yuni. A. Lubis, bahwa salah satu cara pencegahan HIV/AIDS adalah melalui edukasi dini dari tim kesehatan. Masih bersambung dari materi sebelumnya, karena dibawah pengaruh alkohol menyebabkan berkurangnya kesedaran seseorang, sehingga akan mempengaruhi perilaku seksual yang tidak aman.

Karena salah satu penyebab HIV/AIDS adalah sering bergonta-ganti pasangan seks atau tidak setia pada pasangan. Diakhir sesi sosialisasi, para mahasiswa dihimbau untuk memanfaatkan masa mudanya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Hindari narkoba dan seks bebas demi masa depan gemilang.




Tingkatkan Keterampilan dan Kesiapsiagaan Anggota, RSPAU Gelar Latihan Menembak Semesteran

Bidukkes RSPAU telah sukses melaksanakan kegiatan latihan menembak semester I TA 2024 yang diikuti oleh Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsekal Pertama TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes dan Waka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Kolonel Kes dr. Imam Muslim, Sp.JP., bersama dengan 68 Personil RSPAU di Lapangan Tembak Asrta Krida AAU. Selasa (21/5/24). Kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin yang diadakan setiap semester guna meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota RSPAU dalam mengoperasikan berbagai jenis senjata. 

Ditemui di lokasi Latihan Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsekal Pertama TNI dr. M. Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

“Latihan ini bukan hanya tentang merefresh dan meningkatkan kemampuan menembak, tetapi juga tentang memperkuat nilai-nilai kedisiplinan, kerjasama tim, dan tanggung jawab. Saya bangga melihat antusiasme dan komitmen yang ditunjukkan oleh setiap anggota selama latihan berlangsung," ujar Marsekal Pertama TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

 Beliau juga menekankan pentingnya latihan ini dalam mempersiapkan anggota RSPAU untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks di masa depan, serta berharap agar latihan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala, tidak hanya untuk mempertajam kemampuan menembak, tetapi juga untuk memperkuat fondasi kesiapsiagaan militer yang holistik. 

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas latihan dan memastikan bahwa setiap anggota RSPAU memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan tugas dengan baik," tutup Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. 

Kabagbinjas Letkol Kes Ambaruri Mahanani, Spd. M. Si selaku Ketua Panitia Kegiatan menyampaikan jika kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 20 dan 21 Mei 2024, dengan melibatkan penggunaan senjata laras pendek pistol Glok 19 dan laras Panjang SS2-VI Kaliber 5.56, yang menuntut keahlian khusus dan presisi tinggi dari para peserta. Setiap anggota diberikan kesempatan untuk menembak dengan tiga peluru percobaan, diikuti oleh dua sesi penilaian, masing-masing dengan sepuluh peluru, yang menilai akurasi dan konsistensi mereka dalam menembak.

Latihan dilaksanakan dengan sistem giliran, memastikan bahwa setiap anggota mendapatkan waktu yang cukup untuk fokus pada teknik menembak mereka tanpa terburu-buru. Pengawasan ketat dilakukan oleh instruktur berpengalaman saksik senjata Lanud Adisutjipto Kapten Tek Sukamto, yang memastikan bahwa semua protokol keselamatan diikuti dan memberikan umpan balik konstruktif kepada peserta latihan. Keselamatan menjadi prioritas utama selama latihan, dengan penekanan pada penggunaan peralatan keselamatan dan penerapan prosedur yang benar selama menembak.

Latihan menembak ini adalah salah satu bentuk pembinaan fisik dan mental anggota RSPAU yang terus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan karena penting untuk meningkatkan kualitas personel RSPAU yang harus siap bertugas di mana saja dan kapan saja. Dengan latihan ini, dapat menguji dan mengasah kemampuan dasar menembak sesuai dengan standar TNI AU. 

Dengan berakhirnya latihan menembak ini, Bidukkes RSPAU telah menunjukkan dedikasi yang kuat dalam memelihara dan meningkatkan standar profesionalisme personil RSPAU. Kegiatan seperti ini sangat penting dalam memastikan bahwa anggota RSPAU siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul dalam menjalankan tugas mereka.. Humas RSPAU


RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito melaksanakan acara Exit Briefing Audit Itjen Kemhan terhadap pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) Tahun Anggaran 2023

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito melaksanakan acara Exit Briefing Audit Itjen Kemhan terhadap pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) Tahun Anggaran 2023 pada hari Senin (20/5/23). Acara ini diselenggarakan di ruang Garuda Satu RSPAU dan dihadiri oleh Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito beserta jajaran pejabat RSPAU dan Laksamana Pertama TNI Fares Prasetya Budi Utama, S.E., M.M., C.FrA., selaku Pengendali Teknis beserta Tim Audit Itjen Kemhan.

Dalam acara tersebut, Tim Audit Itjen Kemhan memaparkan berbagai temuan dan rekomendasi terkait pengelolaan BLU di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. Laksamana Pertama TNI Fares Prasetya Budi Utama S.E., M.M., C.FrA., menyampaikan hasil audit secara rinci yang mencakup aspek-aspek penting dari pengelolaan keuangan dan operasional rumah sakit.

Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dalam sambutannya menyatakan apresiasi dan terima kasih atas temuan dan rekomendasi yang disampaikan oleh Tim Audit.

"Kami menyambut baik dan berterima kasih atas temuan Tim Audit Itjen Kemhan di rumah sakit ini. Dari hasil temuan-temuan, penjelasan-penjelasan, diskusi, dan tanya jawab tersebut, akan dapat kami jadikan acuan dalam penyempurnaan pelaksanaan tugas di masa yang akan datang," ujar Marsma TNI dr. M. Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Audit ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengelolaan BLU di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku serta untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan tugas rumah sakit. Dengan adanya audit ini, diharapkan RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan manajemennya, memberikan kontribusi yang lebih baik bagi kesehatan prajurit TNI dan masyarakat umum. Humas RSPAU



RSPAU Berikan Layanan Kesehatan Gratis Bagi Ribuan Masyarakat Borobudur

RSPAU dr. Suhardi turut berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial pengobatan gratis bagi warga sekitar kawasan Lumbini, kompleks Candi Borobudur. (17/5/24). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) tersebut merupakan dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak 2568 BE/2024 yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2024 mendatang. Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito hadir secara langsung sebagai tamu undangan dalam pembukaan acara bakti sosial pengobatan gratis.

Hadir memberikan sambutan pembukaan Wakil Ketua Panitia Waisak Nasional 2568 B.E./2024 Tanto Soegito Harsono mengatakan pengobatan yang diberikan secara cuma-cuma ini beragam jenisnya. Mulai dari pengobatan umum hingga operasi katarak. Turut hadir dalam acara ini yaitu perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kodam IV/Diponegoro, Polda Jawa Tengah, Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad), Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Diskesau), Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal), Pusat Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian (Pusdokkes Polri), Dinkes Kabupaten Magelang, RST Soedjono Magelang, RSUP Sardjito Yogyakarta, Rumah Sakit Suci Paramita Balaraja Tangerang.

Pada kesempatan ini Tim Kesehatan RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito pimpin Langsung oleh Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M. Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., menyediakan fasilitas dan layanan Kesehatan spesialis dan umum dalam pengobatan gratis bagi masyarakat di sekitar candi Borobudhur meliputi Poli THT, Poli Kebidanan, Poli Mata (operasi katarak), Bedah minor/benjolan, Poli Gigi (tambal, cabut, scalling) dan Poli Umum dengan menghadirkan beberapa dokter spesialis RSPAU, dokter umum serta paramedis dan tenaga pendukung lainnya.

Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M. Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian dan kontribusi RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito terhadap kesejahteraan masyarakat.



Cegah HIV AIDS sejak dini RSPAU beri edukasi Poltekkes Adisuctipto Yogyakarta

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito melaksanakan edukasi kesehatan bagi mahasiswa tingkat satu Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Adisutjipto Yogyakarta mengenai bahaya HIV/AIDS pada hari Rabu, (15/05/24). Edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mahasiswa tentang HIV/AIDS, serta cara pencegahannya.

Dalam materi yang dibawakan oleh dr. Imas Putri Munthe, dijelaskan bahwa HIV/AIDS tidak hanya dapat ditularkan melalui hubungan seksual bebas dan tidak aman, tetapi juga melalui jarum suntik bekas dan dari ibu hamil kepada bayinya. Hal ini penting untuk diketahui agar mahasiswa dapat terhindar dari penularan virus tersebut.

Edukasi ini disambut antusias oleh para mahasiswa. Mereka banyak bertanya tentang HIV/AIDS, mulai dari cara penularannya, gejalanya, hingga cara pencegahannya. dr. Imas dengan sabar menjawab semua pertanyaan mereka dan memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami.

Kegiatan edukasi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa Poltekkes Adisutjipto untuk memahami bahaya HIV/AIDS dan cara pencegahannya. Dengan pengetahuan dan kesadaran yang baik, mereka dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus ini. Humas RSPAU




RSPAU dr Suhardi Hardjolukito Laksanakan Entry Briefing Audit Kinerja Itjen Kemhan

Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dr. M. Roikhan Harowi, Sp. THT-KL., M.Kes didampingi para pejabat RSPAU melaksanakan Entry Briefing Audit Kinerja Itjen Kemhan terhadap pengelolaan BLU TA 2023 di ruang Garuda Satu RSPAU pada hari Selasa (14/05/24). Hadir sebagai Katim Audit Kinerja Itjen Kemhan kali ini yaitu Kolonel Sus Drs. Sani Riyadi, M.Si dan didampingi tim audit kinerja Itjen Kemhan. Pelaksanaan Entry Briefing diawali dengan safety briefing, menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan perwira, Sambutan Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito yang dilanjutkan dengan sambutan dari Katim Audit Itjen Kemhan dan ditutup dengan doa.

Dalam Sambutanya Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dr. M. Roikhan Harowi, Sp. THT-KL., M.Kes menyampaikan selamat datang kepada Katim Audit Itjen Kemhan beserta tim di RSPAU dan menyambut dengan baik atas kehadiran tim audit sebagai sinergi komitmen RSPAU dalam mewujudkan tata kelola yang baik dan akuntabilitas yang tinggi dalam pengelolaan badan layanan umum.

Dalam kesempatan yang sama Katim Audit Itjen Kemhan dalam sambutanya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada RSPAU dalam menjalankan tugasnya dan menekankan pentingnya tindak lanjut rekomendasi untuk peningkatan kinerja. Beliau juga menyampaikan pentingnya kegiatan Audit ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan tugas serta fungsi organisasi, dengan tujuan mewujudkan tata kelola yang baik dan akuntabel.

Kegiatan audit ini merupakan salah satu tugas Itjen Kemhan selaku instrumen Pemerintah dalam menjamin terlaksananya seluruh kebijakan yang telah ditetapkan selama tahun anggaran 2023. Audit ini menjadi salah satu fungsi pemantauan guna mengontrol serta melihat sejauh mana pelaksanaan pengelolaan anggaran BLU RSPAU yang telah dilaksanakan selama satu tahun. Humas RSPAU




Shankara Choir RSPAU Raih Juara Harapan 1 dalam Lomba HUT ke-125 RS Bethesda

Shankara Choir RSPAU Raih Juara Harapan 1 dalam Lomba HUT ke-125 RS Bethesda

Tim Paduan Suara RSPAU Shankara Choir  mengikuti lomba paduan suara dalam rangka memperingati HUT ke-125 Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Shankara Choir berhasil meraih juara harapan 1 dalam lomba tersebut. Meskipun belum meraih juara pertama, prestasi ini tetap membanggakan bagi RSPAU dan menjadi bukti dedikasi dan kerja keras para anggota paduan suara serta pelatih yang telah membimbing mereka.

Shankara Choir RSPAU tampil baik dengan membawakan lagu wajib "Mars Bethesda" dan lagu pilihan "Soyang". Penampilan mereka semakin menarik dengan penggunaan baju berkebaya dan gerakan berlenggak-lenggok yang menambah semarak suasana. Kemampuan vokal dan musikalitas yang luar biasa, dipadukan dengan penampilan yang penuh semangat, membuat Shankara Choir berhasil memikat hati para juri dan penonton.

Kepala RSPAU Marsma TNI dr. M. Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes, menyatakan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh Shankara Choir.

 "Saya ucapkan selamat kepada tim paduan suara Shankara choir atas prestasi yang telah diraih,  semoga prestasi ini dapat menjadikan  motivasi bagi Shankara Choir untuk terus rajin berlatih,  berkarya dan meraih prestasi yang lebih tinggi di masa depan," ujarnya.

Koordinator Paduan Suara RSPAU Shankara Choir, Koordinator Paduan Suara RSPAU Shankara Choir, Letkol Kes Miryanto menambahkan bahwa lomba ini merupakan kesempatan yang baik bagi Shankara Choir untuk mengasah kemampuan dan pengalaman mereka. 

"Saya bersyukur atas pencapaian tim ini. Saya harap prestasi ini dapat meningkatkan nama baik RSPAU Shankara choir khususnya dan RSPAU pada umumnya dan menjadi inspirasi bagi tim-tim paduan suara lainnya," tuturnya.

Lomba ini diikuti pula oleh 10 tim paduan suara ternama di Yogyakarta, yaitu Tim Univ. Atma Jaya, bEklesia, Laudate Dominum, Don Bosco Wil. Kalasan Tengah, St. Yoseph Medari, PS GKJ Wonocatur, Positive Vibes Choir, White Angel Choir, dan Pulchra Concordia Choir.

Prestasi Shankara Choir di HUT Ke-125 RS Bethesda Yogyakarta ini merupakan bukti bahwa tim paduan suara ini memiliki potensi yang baik. Dengan kerja keras dan dedikasi untuk berlatih secara berkelanjutan, diharapkan RSPAU Shankara Choir  dapat terus meraih prestasi yang membanggakan baik di tingkat provinsi , Nasional bahkan mendunia. Humas RSPAU.


Jadi Tuan Rumah Kegiatan, RSPAU Sukseskan Rakorniskesau Tahun 2024

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Yogyakarta telah sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Rakorniskesau Tahun 2024, yang berlangsung pada 2-3 Mei 2024 di Griya Persada Convention Hotel & Resort, Kaliurang, Yogyakarta. Acara yang mengusung tema “Dilandasi Profesionalisme, Diskesau Siap Mewujudkan Trransformasi Kesehatan dalam Mendukung TNI AU yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul dan Humanis Menuju Indonesia Maju” ini merupakan pertemuan kunci bagi para profesional kesehatan militer, dihadiri oleh Wagub AAU, Pati Sahli Bidang Air Power, Pati Sahli Mabes TNI AU, Paban V Watpers Spers AU, Kabid Standfungjasmil Pujaspermildas, pejabat tinggi Diskesau serta 88 peserta yang terdiri dari kepala rumah sakit dan Kakes TNI AU di Indonesia. Kegiatan ini juga diikuti secara daring oleh 98 peserta dari kaibinjas, ka klinik dan jajaran satuan kesehatan dibawah Diskesau seluruh Indonesia, hal ini menunjukkan adaptasi terhadap teknologi dalam meningkatkan efisiensi dan jangkauan komunikasi dalam organisasi.

Pembukaan Rakorniskesau ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Aspers Kasau yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kadiskesau. Dalam sambutannya beliau menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pembinaan kesehatan TNI Angkatan Udara.

“Dengan tema rakorniskesau tersebut saya berharap implementasinya dapat tercermin dalam program kerja Diskesau serta dapat dilaksanakan secara utuh dan menyeluruh di berbagai pelayanan kesehatan yang ada, sehingga dukungan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan jasmani yang diberikan mampu mendukung tugas TNI Angkatan Udara”, kata Aspers Kasau dalam sambutan yang dibacakan Kadiskesau.

Selain itu beliau juga memberikan beberapa penekanan diantaranya agar menjadikan Raorniskesau sebagai sarana pertemuan dalam mengembangkan kreatifitas untuk menciptakan terobosan baru demi kemajuan organisasi kesehatan di jajaran TNI AU. Kemudian meningkatkan profesionalisme untuk membangun individu yang memiliki kompetensi tinggi  dalam pelaksanaan tugas di satuan. Serta mempedomani ketentuan atau peraturan yang berlaku dan menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan, sehingga senantiasa adaptif dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Sejalan dengan penekanan Aspers Kasau, Kadiskesau Marsma TNI dr. Swasono Rahayu, Sp.THT-KL., M.Kes., mengatakan bahwa Kegiatan Raorniskesau ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan progja tahun lalu dan pencapaian misi, tujuan dan progja tahun ini di bidang kesehatan dalam mewujudkan pencapaian tugas TNI AU.

Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Angkatan Udara (Rakorniskesau) menandai langkah penting dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan militer. Dengan menghadirkan lima narasumber terkemuka, forum ini menyoroti berbagai aspek penting dari kesehatan dan kesejahteraan personel militer. Prof. Dr. Alik Gufron Mukti, sebagai Direktur Utama BPJS, memaparkan tentang monitoring dan evaluasi dalam kerjasama fasilitas kesehatan TNI AU. Digitalisasi layanan kesehatan, yang dibahas oleh Setiaji dari Kementerian Kesehatan RI, menunjukkan komitmen terhadap inovasi dan efisiensi. Sementara itu, Dr. Tita Hariyanti menekankan pentingnya layanan berkualitas tinggi untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia di era digital. Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto berbagi strategi menjaga kesehatan hingga usia lanjut, dan Kolonel Kes Ari Hermawan membahas tentang kesiapan fasilitas kesehatan TNI AU dalam pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU). Marsma TNI dr. Adhantoro Rahadya juga memberikan pandangan tentang peran vital Lakespra dr. Saryanto dalam transformasi kesehatan penerbangan, yang merupakan langkah maju dalam memastikan kesehatan dan keselamatan penerbang militer. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat kerjasama antar lembaga tetapi juga menunjukkan dedikasi TNI AU dalam mengadopsi praktik terbaik untuk kesehatan personelnya.

Ditemui di tempat acara, Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.menyampaikan rasa syukur atas lancarnya kegiatan ini, berharap, melalui forum ini, seluruh anggota dapat terus berkolaborasi dan berinovasi untuk mencapai tujuan bersama dalam mendukung pembangunan kesehatan nasional yang lebih baik.

“Selaku kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, saya merasa terhormat dengan keberhasilan penyelenggaraan Rakorniskesau Tahun 2024 yang telah berlangsung dengan lancar. Kegiatan ini tidak hanya menjadi wadah pertukaran informasi dan pengalaman di antara para profesional kesehatan militer, tetapi juga menandai langkah maju dalam penerapan teknologi untuk memperluas jangkauan dan efektivitas komunikasi kita. Keberhasilan ini merupakan bukti nyata dari komitmen kita terhadap transformasi kesehatan yang adaptif dan modern, yang selaras dengan slogan Kasau. Saya berharap, melalui forum ini, kita dapat terus berkolaborasi dan berinovasi untuk mencapai tujuan bersama dalam mendukung pembangunan kesehatan nasional yang lebih baik. Terima kasih kepada semua peserta yang telah berkontribusi, baik yang hadir secara fisik maupun daring, atas dedikasi dan profesionalisme yang telah ditunjukkan. Mari kita lanjutkan upaya ini dengan semangat yang sama untuk mencapai Indonesia yang lebih maju,” kata Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

Rakorniskesau Tahun 2024 menandai momen penting dalam sejarah kesehatan militer TNI AU dengan peluncuran website Diskesau yang baru dan pengukuhan Ketua Asosiasi RS TNI AU. Acara ini tidak hanya menjadi forum penting bagi para profesional kesehatan untuk berbagi pengetahuan dan inovasi, tetapi juga menampilkan pameran produk kesehatan dan teknologi medis terkini. Pameran tersebut memberikan kesempatan bagi peserta untuk berinteraksi langsung dengan inovator dan produsen, memperkaya pemahaman mereka tentang perkembangan terbaru dalam kesehatan militer. Selain itu, kegiatan Ladies Program oleh PIA Ardhya Garini menambahkan dimensi sosial dan budaya pada acara tersebut, dengan kegiatan seperti membatik, roasting coffee, dan lava tour, yang semuanya berlangsung di desa wisata Pentingsari. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya memperkuat komunitas tetapi juga mempromosikan warisan budaya lokal.

Kegiatan Rakorniskesau ditutup oleh Kadiskesau dengan penekanan pada pentingnya kerjasama dan integrasi dalam peningkatan layanan kesehatan militer. Rakorniskesau Tahun 2024 tidak hanya menjadi ajang pertemuan, tetapi juga platform untuk inovasi dan kemajuan dalam kesehatan militer, menandai langkah besar dalam upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anggota TNI AU dan keluarganya serta masyarakat. Humas RSPAU



Ka RSPAU Pimpin Upacara Penerimaan Waka RSPAU

Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsma TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes., memimpin upacara penerimaan Waka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Kolonel Kes dr. Imam Muslim., Sp.JP.,  di ruang Garuda satu RSPAU pada hari Selasa (30/4/24). Acara penerimaan ini di hadiri oleh para Pejabat RSPAU, Perwira dan PNS RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. Rangkaian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian penyematan tanda jabatan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah berita acara sertijab, laporan resmi, dan sambutan Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Dalam sambutannya, Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito menekankan bahwa pergantian kepemimpinan merupakan hal yang lumrah untuk menjaga kelangsungan organisasi. Acara tersebut menjadi simbol estafet kepemimpinan yang diharapkan dapat membawa kemajuan bagi institusi RSPAU.

Beliau juga menyampaikan ucapan selamat kepada Wakil Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito yang baru, Kolonel Kes dr. Imam Muslim., Sp.JP, atas kepercayaan yang diberikan pimpinan untuk mengemban amanah ini. Beliau mengungkapkan harapannya agar dengan semangat dan visi yang segar, bersama-sama dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

            “Mari jadikan momen penerimaan jabatan ini sebagai titik awal untuk bersinergi, berkolaborasi, dan berkomitmen penuh dalam menjalankan misi rumah sakit. Dengan kebersamaan dan kerja keras, insyaallah kita mampu mencapai tujuan dan cita-cita RSPAU dr. Suhardi hardjolukito yang sangat kita banggakan ini”, tambah Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Serah terima Jabatan adalah suatu peristiwa penting dalam kehidupan berorganisasi, dikarenakan didalamnya termuat pesan bahwa suatu era/masa telah usai dan akan berganti dengan era selanjutnya. Dengan upacara serah terima jabatan maka terjadi ritual alih komando, timbang terima tugas, serta sering kali terdapat fungsi pembinaan dan kaderisasi didalamnya.

Sebelum menjabat sebagai Waka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Kolonel Kes dr. Imam Muslim., Sp.JP, menjabat sebagai Kadep Aeroklinik Lakespra dr. Saryanto. Semoga dengan adanya kepemimpinan yang baru ini, RSPAU dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Humas RSPAU

 

Laksanakan Rapat Dewas, RSPAU Laporkan Capaian Kinerja Layanan dan Keuangan TW I Tahun 2024

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito melaksanakan Rapat Dewan Pengawas yang dihadiri langsung oleh Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito beserta jajaran pejabat RSPAU dan Kepala KPPN Provinsi DIY, Ibu Arvi Risnawati, SE.Ak.di Ruang Garuda Satu. Rapat ini juga dihadiri secara daring oleh Irjen Kemenhan RI Letnan Jenderal TNI dr. Budi Prijono, S.T., M.M., CFrA. GRCE., Kadiskesau Marsma TNI dr. Swasono R, Sp. THT-KL., M. Kes., serta Kepala Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal RI Wahyu Utomo S.Sos., M.Si.,

Dalam kesempatan ini, Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito memaparkan laporan capaian kinerja layanan dan keuangan RSPAU hingga Triwulan I Tahun 2024. Selain itu, disampaikan juga langkah-langkah strategis yang akan diimplementasikan untuk mencapai target pada Triwulan II Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas izin dan karunia-Nya sehingga rapat Dewan Pengawas dapat dilaksanakan. Beliau juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Dewan Pengawas yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri rapat tersebut, serta harapannya agar dapat bersinergi dalam meningkatkan capaian kinerja di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Rapat tersebut diakhiri dengan pengucapan terima kasih dan harapan agar Dewan Pengawas dapat memberikan saran dan masukan guna perbaikan lebih lanjut. Rapat Dewan Pengawas ini menjadi wujud nyata dari komitmen RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dalam meningkatkan kualitas layanan dan keuangan. Dengan adanya kerjasama dan sinergi antara RSPAU dan semua pihak terkait, diharapkan RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dapat mencapai target yang telah ditetapkan pada Triwulan II Tahun 2024. Humas RSPAU