Zona Integritas RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito
Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr.
Suhardi Hardjolukito adalah pelaksana teknis yang berkedudukan langsung dibawah
dinas kesehatan TNI Angkatan Udara, bertugas menyelenggarakan dukungan
kesehatan yang diperlukan dalam setiap kegiatan operasi dan latihan TNI AU
serta menyelenggarakan pelayanan kesehatan spesialistik/subspesialistik dan
pelayanan rujukan.
RSPAU dr Suhardi Hardjolukito
merupakan rumah sakit tingkat I TNI dan kelas B menurut klasifikasi Kemenkes
Dalam melaksanakan tugasnya, RSPAU
dr. Suhardi Hardjolukito diawaki oleh 1081 orang terdiri dari Militer 356 orang, PNS 192 orang, PPPK 175 orang dan Tenaga
Lepas 358 orang
Dengan rincian profesi dokter spesialis/dokter
umum/dokter gigi 74 orang, perawat 326 orang tenaga kesehatan
lain 393 orang dan tenaga non medis 288 orang, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito melayani lebih dari 20 klinik spesialistik, kapasitas
rawat inap 285 tempat tidur, pelayanan penunjang IGD, laboratorium, radiologi
dan ambulans 24 jam, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito siap melayani yang terbaik secara paripurna
dan profesional kepada anggota TNI AU/TNI baik militer, PNS dan keluarga serta
masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.
Dalam rangka menjamin pelayanan
publik dapat terlaksana dengan baik, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito bertekad untuk membangun Zona Integritas
menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.
Manajemen perubahan
Pembangunan zona integritas menuju
Wilayah Bebas dari Korupsi atau WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani atau
WBBM di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito
diawali dengan pencanangan pembangunan zona integritas yang dihadiri
oleh pejabat Lanud Adisutjiipto,
Forkopimda DIY Dari Kejati DIY, Kadilti DIY, Kapolda DIY, Komandan Korem 072
Pamungkas, Wali Kota DIY Dan Gubernur DIY. Selanjutnya dilakukan penandatanganan komitmen bersama
dalam piagam pakta integritas menuju WBK dan WBBM bagi seluruh personel RSPAU
yang diikuti oleh pimpinan dan dan seluruh pejabat RSPAU dr. Suhardi
Hardjolukito.
Selanjutnya kegiatan pembangunan area
manajemen perubahan dilakukan pembentukan tim kerja khusus zona integritas
menuju WBK dan WBBM. Tim kerja ini diseleksi langsung oleh Ka RSPAU dr. Suhardi
Hardjolukito dengan memilih personel
yang potensial, enerjik dan mampu bekerja sama di dalam tim serta memiliki
komitmen kuat dalam mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM di RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito . Selanjutnya personel hasil seleksi dituangkan kedalam
surat perintah tim kerja pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.
Tim kerja bertanggung jawab untuk
menyusun dokumen pendukung pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM,
sehingga dapat segera disosialisasikan kepada seluruh anggota RSPAU dr. Suhardi
Hardjolukito dalam berbagai kesempatan,
seperti pada saat apel pagi dan arahan-arahan pimpinan lainnya.
Pembangunan zona integritas menuju WBK
dan WBBM membutuhkan peran strategis seorang pemimpin sebagai role model bagi
anggotanya untuk selalu melakukan pemantauan dan evaluasi sehingga pimpinan
dapat menjadi panutan bagi seluruh anggotanya
Pemimpin harus tampil membumi, sederhana,
peduli dan mampu memberikan solusi terhadap segala permasalahan yang terjadi
baik permasalahan di masyarakat maupun permasalahan internal di RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito, menampung aspirasi-aspirasi yang membangun dan mampu
melakukan dan memberikan inovasi-inovasi layanan yang dapat meningkatkan perbaikan
dan kemudahan dalam layanan.
Ketika pemimpin sudah memberikan
peran dan contoh maka akan mudah baginya untuk membangun karakter personel
sebagai agen-agen perubahan yang mampu mempengaruhi personel lainnya untuk ikut
serta dalam membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM di RSPAU dr. Suhardi
Hardjolukito
Perubahan signifikan dapat dilakukan
dengan membangun kesamaan pola pikir dan mindset dari seluruh insan RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito , yang jika secara konsisten dilakukan akan menjadi sebuah
sistem yang positif dan akan berkembang menjadi budaya kerja yang baik di RSPAU
dr. Suhardi Hardjolukito.
Penataan tata laksana
Penataan tata laksana di RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito diwujudkan dengan
merumuskan tahapan-tahapan pada semua aspek kegiatan utama termasuk pelayanan
publik kedalam sebuah standar operasional prosedur atau sop sehingga dapat
diberdayakan sebagai panduan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat
dilingkungan RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito , seperti pelayanan terpadu poliklinik
bedah, pelayanan hemodialisa, pelayanan poli covid-19, pelayanan kesehatan jiwa
dan korban pemulihan narkoba serta medical
check up baik untuk keperluan jemaah haji, persiapan werving dan keperluan
khusus. Dan secara berkala sop tersebut dievaluasi dan dilakukan revisi sesuai
dengan perkembangan situasi dan kondisi.
Selanjutnya upaya penataan dilakukan
dengan menerapkan dan menjalankan tata kelola perkantoran dengan menggunakan
sistem e-office yang terintegrasi
dalam sebuah SIMRS. Pembangunan data base kepegawaian yang berbasis teknologi
sehingga akan diperoleh data kepegawaian yang akurat.
Informasi publik di RSPAU dr. Suhardi
Hardjolukito dikelola secara terbuka
dengan membangun komunikasi sinergitas dengan kalangan media, whatsapp grup,
media sosial, portal berita RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dan website
RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito
Penataan sistem manajemen sumber daya
manusia
Penataan sistem manajemen sumber daya
manusia dilakukan dengan membuat perencanaan kebutuhan personel di RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito, rekrutmen personel, pola mutasi jabatan secara terbuka,
pengembangan kompetensi dengan pelatihan, pengembangan kompetensi dengan
simulasi, pengembangan kompetensi dengan diskusi, pengembangan kompetensi
dengan dikjur dan dikbang kedinasan serta pembinaan pengembangan pembinaan
rohani dan mental.
Penataan sistem manajemen sumber daya
manusia juga dilakukan dengan menetapkan kinerja individu dalam sebuah dokumen
kontrak kinerja, penegakan aturan disiplin dan kode etik personel yang
konsisten, pengecekan personel dalam apel pagi dan inspeksi mendadak ke bagian
unit kerja.
Penguatan akuntabilitas
Penguatan akuntabilitas di RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito dilakukan dengan
mengikutsertakan keterlibatan pimpinan dalam penyusunan dokumen-dokumen
perencanaan, merumuskan rencana kerja, menetapkan indikator kinerja utama,
menandatangani perjanjian kinerja, melaksanakan analisa dan evaluasi kinerja
RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito secara
rutin.
Akuntabilitas RSPAU dr. Suhardi
Hardjolukito dalam memberikan pelayanan
kepada masyarakat dapat dinilai dari sejumlah penghargaan yang diraih RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito diantaranya, sebagai
rumah sakit yang terakreditasi paripurna bintang lima dari komite akreditasi
rumah sakit, sebagi rumah sakit pendidikan satelit dari Kemenkes RI, dan
sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dari Gubernur DIY.
Selain itu RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito juga banyak berkontribusi positif dalam
kegiatan kemanuasian seperti halnya, melaksanakan bhakti sosial melalui
pemberian pengobatan umum, operasi bibir sumbing, operasi katarak, pemberian
santunan anak yatim, pemberian air bersih dan lain-lain, termasuk juga
melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 yang terus berlanjut sampai saat ini.
Penguatan pengawasan
Penguatan pengawasan di RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito dilakukan dengan pemasangan
public campaign dalam rangka
mengendalikan gratifikasi pada tempat-tempat pelayanan yang ada di RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito, penandatanganan pakta integritas, penerapan sistem
pengendalian internal di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, perlibatan provost dan
security untuk meminimalisir risiko bagi personel saat bertugas dan menjamin
pelayanan dapat dilakukan sesuai SOP nya, punishment
terhadap personel yang melanggar, mulai dari tindakan disiplin sampai
hukuman disiplin agar dikemudian hari tidak mengulangi pelanggaran yang dapat
menimbulkan dampak negatif bagi RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito khususnya dan institusi TNI Angkatan Udara.
Pengaduan masyarakat di RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito ditampung dalam
sebuah media baik online maupun offline, yang selanjutnya akan ditangani
oleh bagian penanganan pengaduan untuk dilakukan tindak lanjut penyelesaiannya.
Keluhan dan saran akan dijawab sesuai dengan saluran pada saat penyampaiannya. Selanjutnya
dilakukan sosialisasi whistle blowing system
dari tim satgas WBS serta penanganan benturan kepentingan jika terjadi di RSPAU
dr. Suhardi Hardjolukito secara terbuka.
Dalam hal pelaporan harta kekayaan, tingkat kepatuhan penyampaian laporan harta
kekayaan baik bagi penyelenggara negara maupun bagi aparatur sipil negara sudah
tercapai 100%.
Peningkatan kualitas pelayanan publik
Dalam rangka meningkatkan kualitas
pelayanan di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, dalam dokumen perencanaan baik
dokumen rencana strategis bisnis dan rencana bisnis anggaran, adanya inovasi-inovasi
layanan menjadi prioritas utama untuk perbaikan dan memberikan kemudahan
layanan. Saat ini beberapa inovasi yang telah dan sedang dilakukan antara lain
perbaikan sarana prasana, renovasi ruang lobi yang merupakan tempat pendaftaran
pasien dan tempat pusat informasi sehingga pelayanan menjadi lebih nyaman dan
representasi, renovasi ruang staf, ruang pelayanan rawat inap VIP/VVIP,
pembangunan gedung siaga bencana, pengembangan SIM RS yang terus menerus
dilakukan sesuai kebutuhan dan melaksanakan dukungan kesehatan pelayanan tamu VVIP/VIP
menggunakan ambulance VVIP mini ICU dengan tenaga medis, para medis yang profesional. Selain hal tersebut juga melakukan perbaikan layanan, antara lain pengungsian medik udara, dan inovasi-inovasi layanan unggulan seperti
pelayanan bedah terpadu, pelayanan mata terpadu khususnya pelayanan operasi
lasik dan vitrektomi, pelayanan cathlab, pelayanan hemodialisa dengan 46 mesin HD,
bedah urologi dan ESWL, pelayanan psikiatri dengan terapi penyalahgunaan
obat terlarang.
Peningkatan kualitas pelayanan publik
di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito juga
dilakukan dengan memperhatikan kualitas dari standar pelayanan publik, seperti
ruang pelayanan, ruang menyusui, ruang pelayanan pengaduan, kotak saran, ruang
tunggu, fasilitas kantin, tempat ibadah, tempat parkir, fasilitas antrian
elektronik, pemasangan maklumat pelayanan, menunjuk duta-duta pelayanan,
memberlakukan one gate system, dan
layanan call center, gedung RSPAU dr.
Suhardi Hardjolukito juga menerapkan prinsip
yang ramah bagi difabel, sehingga siapapun bisa mendapatkan pelayanan yang
prima dan maksimal dari RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito ,
Semua bentuk pelayanan yang diberikan
oleh RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito
dapat diukur tingkat kepuasannya dengan menggunakan digital Indeks
Kepuasan Masyarakat atau IKM
RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito juga
melaksanakan standarisasi SOP sesuai dengan prokes pada masa pandemi Covid-19.
RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan zona integritras menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.