Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

`

Zona Integritas RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito

Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. Suhardi Hardjolukito adalah pelaksana teknis yang berkedudukan langsung dibawah dinas kesehatan TNI Angkatan Udara, bertugas menyelenggarakan dukungan kesehatan yang diperlukan dalam setiap kegiatan operasi dan latihan TNI AU serta menyelenggarakan pelayanan kesehatan spesialistik/subspesialistik dan pelayanan rujukan.

RSPAU dr Suhardi Hardjolukito merupakan rumah sakit tingkat I TNI dan kelas B menurut klasifikasi Kemenkes

Dalam melaksanakan tugasnya, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  diawaki oleh 1081 orang terdiri dari Militer 356 orang, PNS 192 orang, PPPK 175 orang dan Tenaga Lepas 358 orang

Dengan rincian profesi dokter spesialis/dokter umum/dokter gigi 74 orang, perawat 326 orang tenaga kesehatan lain 393 orang dan tenaga non medis 288 orang, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito melayani lebih dari 20 klinik spesialistik, kapasitas rawat inap 285 tempat tidur, pelayanan penunjang IGD, laboratorium, radiologi dan ambulans 24 jam, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  siap melayani yang terbaik secara paripurna dan profesional kepada anggota TNI AU/TNI baik militer, PNS dan keluarga serta masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Dalam rangka menjamin pelayanan publik dapat terlaksana dengan baik, RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  bertekad untuk membangun Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Manajemen perubahan

Pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi atau WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani atau WBBM di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  diawali dengan pencanangan pembangunan zona integritas yang dihadiri oleh  pejabat Lanud Adisutjiipto, Forkopimda DIY Dari Kejati DIY, Kadilti DIY, Kapolda DIY, Komandan Korem 072 Pamungkas, Wali Kota DIY Dan Gubernur DIY. Selanjutnya  dilakukan penandatanganan komitmen bersama dalam piagam pakta integritas menuju WBK dan WBBM bagi seluruh personel RSPAU yang diikuti oleh pimpinan dan dan seluruh pejabat RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Selanjutnya kegiatan pembangunan area manajemen perubahan dilakukan pembentukan tim kerja khusus zona integritas menuju WBK dan WBBM. Tim kerja ini diseleksi langsung oleh Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  dengan memilih personel yang potensial, enerjik dan mampu bekerja sama di dalam tim serta memiliki komitmen kuat dalam mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito . Selanjutnya personel hasil seleksi dituangkan kedalam surat perintah tim kerja pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Tim kerja bertanggung jawab untuk menyusun dokumen pendukung pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM, sehingga dapat segera disosialisasikan kepada seluruh anggota RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  dalam berbagai kesempatan, seperti pada saat apel pagi dan arahan-arahan pimpinan lainnya.

Pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM membutuhkan peran strategis seorang pemimpin sebagai role model bagi anggotanya untuk selalu melakukan pemantauan dan evaluasi sehingga pimpinan dapat menjadi panutan bagi seluruh anggotanya

Pemimpin harus tampil membumi, sederhana, peduli dan mampu memberikan solusi terhadap segala permasalahan yang terjadi baik permasalahan di masyarakat maupun permasalahan internal di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, menampung aspirasi-aspirasi yang membangun dan mampu melakukan dan memberikan inovasi-inovasi layanan yang dapat meningkatkan perbaikan dan kemudahan dalam layanan.

Ketika pemimpin sudah memberikan peran dan contoh maka akan mudah baginya untuk membangun karakter personel sebagai agen-agen perubahan yang mampu mempengaruhi personel lainnya untuk ikut serta dalam membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito

Perubahan signifikan dapat dilakukan dengan membangun kesamaan pola pikir dan mindset dari seluruh insan RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito , yang jika secara konsisten dilakukan akan menjadi sebuah sistem yang positif dan akan berkembang menjadi budaya kerja yang baik di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito.

Penataan tata laksana

Penataan tata laksana di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  diwujudkan dengan merumuskan tahapan-tahapan pada semua aspek kegiatan utama termasuk pelayanan publik kedalam sebuah standar operasional prosedur atau sop sehingga dapat diberdayakan sebagai panduan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dilingkungan RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito , seperti pelayanan terpadu poliklinik bedah, pelayanan hemodialisa, pelayanan poli covid-19, pelayanan kesehatan jiwa dan korban pemulihan narkoba serta medical check up baik untuk keperluan jemaah haji, persiapan werving dan keperluan khusus. Dan secara berkala sop tersebut dievaluasi dan dilakukan revisi sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi.

Selanjutnya upaya penataan dilakukan dengan menerapkan dan menjalankan tata kelola perkantoran dengan menggunakan sistem e-office yang terintegrasi dalam sebuah SIMRS. Pembangunan data base kepegawaian yang berbasis teknologi sehingga akan diperoleh data kepegawaian yang akurat.

Informasi publik di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  dikelola secara terbuka dengan membangun komunikasi sinergitas dengan kalangan media, whatsapp grup, media sosial, portal berita RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  dan website RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito

Penataan sistem manajemen sumber daya manusia

Penataan sistem manajemen sumber daya manusia dilakukan dengan membuat perencanaan kebutuhan personel di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, rekrutmen personel, pola mutasi jabatan secara terbuka, pengembangan kompetensi dengan pelatihan, pengembangan kompetensi dengan simulasi, pengembangan kompetensi dengan diskusi, pengembangan kompetensi dengan dikjur dan dikbang kedinasan serta pembinaan pengembangan pembinaan rohani dan mental.

Penataan sistem manajemen sumber daya manusia juga dilakukan dengan menetapkan kinerja individu dalam sebuah dokumen kontrak kinerja, penegakan aturan disiplin dan kode etik personel yang konsisten, pengecekan personel dalam apel pagi dan inspeksi mendadak ke bagian unit kerja.

Penguatan akuntabilitas

Penguatan akuntabilitas di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  dilakukan dengan mengikutsertakan keterlibatan pimpinan dalam penyusunan dokumen-dokumen perencanaan, merumuskan rencana kerja, menetapkan indikator kinerja utama, menandatangani perjanjian kinerja, melaksanakan analisa dan evaluasi kinerja RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  secara rutin.

Akuntabilitas RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat dinilai dari sejumlah penghargaan yang diraih RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  diantaranya, sebagai rumah sakit yang terakreditasi paripurna bintang lima dari komite akreditasi rumah sakit, sebagi rumah sakit pendidikan satelit dari Kemenkes RI, dan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dari Gubernur DIY.

Selain itu RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  juga banyak berkontribusi positif dalam kegiatan kemanuasian seperti halnya, melaksanakan bhakti sosial melalui pemberian pengobatan umum, operasi bibir sumbing, operasi katarak, pemberian santunan anak yatim, pemberian air bersih dan lain-lain, termasuk juga melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 yang terus berlanjut sampai saat ini.

Penguatan pengawasan

Penguatan pengawasan di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  dilakukan dengan pemasangan public campaign dalam rangka mengendalikan gratifikasi pada tempat-tempat pelayanan yang ada di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, penandatanganan pakta integritas, penerapan sistem pengendalian internal di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, perlibatan provost dan security untuk meminimalisir risiko bagi personel saat bertugas dan menjamin pelayanan dapat dilakukan sesuai SOP nya, punishment terhadap personel yang melanggar, mulai dari tindakan disiplin sampai hukuman disiplin agar dikemudian hari tidak mengulangi pelanggaran yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  khususnya dan institusi TNI Angkatan Udara.

Pengaduan masyarakat di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  ditampung dalam sebuah media baik online maupun offline, yang selanjutnya akan ditangani oleh bagian penanganan pengaduan untuk dilakukan tindak lanjut penyelesaiannya. Keluhan dan saran akan dijawab sesuai dengan saluran pada saat penyampaiannya. Selanjutnya dilakukan sosialisasi whistle blowing system dari tim satgas WBS serta penanganan benturan kepentingan jika terjadi di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  secara terbuka. Dalam hal pelaporan harta kekayaan, tingkat kepatuhan penyampaian laporan harta kekayaan baik bagi penyelenggara negara maupun bagi aparatur sipil negara sudah tercapai 100%. 

Peningkatan kualitas pelayanan publik

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito, dalam dokumen perencanaan baik dokumen rencana strategis bisnis dan rencana bisnis anggaran, adanya inovasi-inovasi layanan menjadi prioritas utama untuk perbaikan dan memberikan kemudahan layanan. Saat ini beberapa inovasi yang telah dan sedang dilakukan antara lain perbaikan sarana prasana, renovasi ruang lobi yang merupakan tempat pendaftaran pasien dan tempat pusat informasi sehingga pelayanan menjadi lebih nyaman dan representasi, renovasi ruang staf, ruang pelayanan rawat inap VIP/VVIP, pembangunan gedung siaga bencana, pengembangan SIM RS yang terus menerus dilakukan sesuai kebutuhan dan melaksanakan dukungan kesehatan pelayanan tamu VVIP/VIP menggunakan ambulance VVIP mini ICU dengan tenaga medis, para medis yang profesional.  Selain hal tersebut juga melakukan  perbaikan layanan, antara lain  pengungsian medik udara, dan  inovasi-inovasi layanan unggulan seperti pelayanan bedah terpadu, pelayanan mata terpadu khususnya pelayanan operasi lasik dan vitrektomi, pelayanan cathlab, pelayanan hemodialisa dengan 46 mesin HD, bedah urologi dan ESWL, pelayanan psikiatri dengan terapi penyalahgunaan obat  terlarang.

Peningkatan kualitas pelayanan publik di RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  juga dilakukan dengan memperhatikan kualitas dari standar pelayanan publik, seperti ruang pelayanan, ruang menyusui, ruang pelayanan pengaduan, kotak saran, ruang tunggu, fasilitas kantin, tempat ibadah, tempat parkir, fasilitas antrian elektronik, pemasangan maklumat pelayanan, menunjuk duta-duta pelayanan, memberlakukan one gate system, dan layanan call center, gedung RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  juga menerapkan prinsip yang ramah bagi difabel, sehingga siapapun bisa mendapatkan pelayanan yang prima dan maksimal dari RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito ,

Semua bentuk pelayanan yang diberikan oleh RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  dapat diukur tingkat kepuasannya dengan menggunakan digital Indeks Kepuasan Masyarakat atau IKM

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito juga melaksanakan standarisasi SOP sesuai dengan prokes pada masa pandemi Covid-19.

Narasi penutup

RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito  berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan zona integritras menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.