Tingkatkan Keterampilan dan Kesiapsiagaan Anggota, RSPAU Gelar Latihan Menembak Semesteran

Bidukkes RSPAU telah sukses melaksanakan kegiatan latihan menembak semester I TA 2024 yang diikuti oleh Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsekal Pertama TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes dan Waka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Kolonel Kes dr. Imam Muslim, Sp.JP., bersama dengan 68 Personil RSPAU di Lapangan Tembak Asrta Krida AAU. Selasa (21/5/24). Kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin yang diadakan setiap semester guna meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota RSPAU dalam mengoperasikan berbagai jenis senjata. 

Ditemui di lokasi Latihan Kepala RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito Marsekal Pertama TNI dr. M. Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

“Latihan ini bukan hanya tentang merefresh dan meningkatkan kemampuan menembak, tetapi juga tentang memperkuat nilai-nilai kedisiplinan, kerjasama tim, dan tanggung jawab. Saya bangga melihat antusiasme dan komitmen yang ditunjukkan oleh setiap anggota selama latihan berlangsung," ujar Marsekal Pertama TNI dr. M Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes.

 Beliau juga menekankan pentingnya latihan ini dalam mempersiapkan anggota RSPAU untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks di masa depan, serta berharap agar latihan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala, tidak hanya untuk mempertajam kemampuan menembak, tetapi juga untuk memperkuat fondasi kesiapsiagaan militer yang holistik. 

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas latihan dan memastikan bahwa setiap anggota RSPAU memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan tugas dengan baik," tutup Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito. 

Kabagbinjas Letkol Kes Ambaruri Mahanani, Spd. M. Si selaku Ketua Panitia Kegiatan menyampaikan jika kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 20 dan 21 Mei 2024, dengan melibatkan penggunaan senjata laras pendek pistol Glok 19 dan laras Panjang SS2-VI Kaliber 5.56, yang menuntut keahlian khusus dan presisi tinggi dari para peserta. Setiap anggota diberikan kesempatan untuk menembak dengan tiga peluru percobaan, diikuti oleh dua sesi penilaian, masing-masing dengan sepuluh peluru, yang menilai akurasi dan konsistensi mereka dalam menembak.

Latihan dilaksanakan dengan sistem giliran, memastikan bahwa setiap anggota mendapatkan waktu yang cukup untuk fokus pada teknik menembak mereka tanpa terburu-buru. Pengawasan ketat dilakukan oleh instruktur berpengalaman saksik senjata Lanud Adisutjipto Kapten Tek Sukamto, yang memastikan bahwa semua protokol keselamatan diikuti dan memberikan umpan balik konstruktif kepada peserta latihan. Keselamatan menjadi prioritas utama selama latihan, dengan penekanan pada penggunaan peralatan keselamatan dan penerapan prosedur yang benar selama menembak.

Latihan menembak ini adalah salah satu bentuk pembinaan fisik dan mental anggota RSPAU yang terus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan karena penting untuk meningkatkan kualitas personel RSPAU yang harus siap bertugas di mana saja dan kapan saja. Dengan latihan ini, dapat menguji dan mengasah kemampuan dasar menembak sesuai dengan standar TNI AU. 

Dengan berakhirnya latihan menembak ini, Bidukkes RSPAU telah menunjukkan dedikasi yang kuat dalam memelihara dan meningkatkan standar profesionalisme personil RSPAU. Kegiatan seperti ini sangat penting dalam memastikan bahwa anggota RSPAU siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul dalam menjalankan tugas mereka.. Humas RSPAU


Tags: Berita

Humas RSPAU

Humas memiliki tugas untuk menyebarkan informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat baik melalui sosial media, website atau media apapun.

Komentar
Tinggalkan Komentar